Inspirasi Rak Buku Untuk Koleksi Buku Kesayangan

Inspirasi Rak Buku Untuk Koleksi Buku Kesayangan

30 May 2021

Bagi kalian yang suka membaca dan memiliki koleksi buku yang banyak pastinya kalian membutuhkan media penyimpanan untuk koleksi buku kalian. Rak buku diperlukan untuk menyimpan dan menjaga agar koleksi buku tetap awet dan terjaga. Namun jangan salah, belakangan ini rak buku tak hanya dijadikan sebagai media menyimpan buku saja tapi berguna juga sebagai tempat meletakkan pajangan dan sebagai dekorasi ruangan. Oleh sebab itu, banyak variasi dan model dari rak buku minimalis yang bisa jadi inspirasi. Penasaran apa saja model rak buku yang sering kita jumpai, yuk simak artikel berikut.

 

1. Rak buku dinding

 

Rak buku dinding memiliki dua fungsi, selain digunakan sebagai tempat penyimpanan bisa juga digunakan sebagai wall art yang dapat menambah nilai estetika ruangan. Rak buku dinding sangat cocok bagi kalian yang memiliki hunian mungil. Di samping menghemat tempat, kalian juga bisa menciptakan dekorasi ruangan yang menarik dan membuat semakin semangat membaca. Kalian bisa mencoba menempatkan rak buku dinding ini di tengah ruangan rumah, akan semakin cantik bila kalian menambahkan tanaman kecil di sela-sela rak. Sudut ruangan biasanya memiliki banyak space kosong yang bisa kalian manfaatkan. Menempatkan rak buku di dinding sudut ruangan juga bisa menjadi ide yang menarik. Buat kalian yang masih memiliki spot kosong di antara tempat tidur, kalian bisa mencoba menempatkan rak buku dinding yang mengapit tempat tidur. Kalian akan semakin mudah membaca buku di atas tempat tidur.

amzn.to

 

2. Rak buku kayu

 

Rak buku kayu bisa dijadikan sebagai tempat penyimpanan sekaligus sebagai pemanis interior rumah. Bagi kalian yang menyukai tampilan natural, maka rak buku kayu bisa menjadi pilihan. Kalian juga bisa berkreasi menggunakan rak buku kayu, misalkan saja kalian bisa membuat partisi atau sekat ruangan dari rak buku kayu. Dengan menempatkan rak buku kayu sebagai sekat maka kalian akan mendapatkan dua ruangan dengan fungsi berbeda. Jika kalian ingin simple, kalian bisa memadukan rak buku sebagai tempat meletakkan pajangan yang akan terlihat semakin cantik.

2modern.com

 

3. Rak buku gantung

 

Jika kalian tergolong orang yang simple, rak buku gantung sangat cocok untuk kalian. Walaupun memiliki desain yang simple, rak buku gantung ini sangat menarik jika digantung pada dinding ruangan. Cukup dengan satu papan kayu dan tali, kalian sudah bisa membuat rak buku gantung. Jika kalian malas untuk membuatnya, dipasaran sudah banyak yang menjual rak gantung model ini. Jika kalian ingin memuat buku lebih banyak lagi, kalian bisa pilih model rak gantung bertingkat. Bahkan kalian bisa menjumpai model rak buku gantung seperti tangga. Memiliki model yang simple bukan berarti kalian tidak bisa berinovasi, kalian bisa menemukan ataupun menciptakan model-model lainnya sesuai dengan selera. Harga rak buku gantung di pasaran dihargai mulai 150.000 untuk satu tingkatnya.

 

4. Rak buku plastik bongkar pasang

 

Apakah kalian sering mengalami kesulitan ketika memindah-mindahkan rak buku dan sulit untuk mengaturnya kembali? Maka cobalah beralih menggunakan rak buku plastik bongkar pasang atau rak buku portable. Dengan menggunakan rak buku plastik bongkar pasang, kalian dapat bmenyusun buku dengan rapi. Kalian akan semakin mudah menemukan buku yang kalian cari karena tatanannya yang sudah rapi. Rak buku bongkar pasang ini sangat cocok untuk kalian yang sering pindah lokasi kerja dan bermanfaat bagi kalian yang sering pindah rumah. Dari segi harga, rak buku plastik bongkar pasang ini dijual mulai harga 200.000 di pasaran.

 

5. Rak buku tempel

 

Rak buku tempel memiliki kemiripan dengan rak buku dinding. Rak dinding ambalan atau Floating Shelf dan rak dinding kabinet atau Hanging Cabinet termasuk ke dalam jenis rak buku tempel. Jika kalian menginginkan rak dinding yang terlihat melayang atau yang menempel di dinding maka kalian bisa memilih rak dinding ambalan. Sedangkan rak dinding kabinet memiliki bentuk menyerupai kabinet dengan memiliki pintu ataupun tidak memiliki pintu.Kesan melayang yang ditampilkan oleh rak ambalan terlihat lebih nyata karena penyangga rak ambalan terdapat di dalam. Jika ingin meletakkan rak temple di kamar anak, rak ambalan bisa menjadi pilihan karena aman.

wayfair.de

 

6. Rak buku susun

 

Buat kalian yang memiliki banyak buku di rumah, tentunya akan semakin sulit untuk mengatur dan menyimpan semua buku-buku. Kalian bisa memanfaatkan rak buku susun untuk menempatkan buku. Berbentuk seperti loker-loker, rak buku susun memberikan kemudahan untuk menyusun dan mengambil buku. Dengan desain yang sederhana membuat kalian tidak perlu pusing atau kebingungan saat akan mencari buku. Kalian bisa memilih ukuran rak buku susun sesuai keperluan, mulai dari 2 susun hingga lebih dari 15 susun.Biasanya harga rak susun dipasaran mulai dari 200.000 kalian sudah bisa mendapat rak 2 susun.

 

7. Rak buku besi

 

Kalian ingin memiliki rak buku yang kuat dan tahan lama. Kalian bisa memilih rak buku besi untuk menempatkan buku. Selain ketahanannya yang kokoh dan kuat, rak buku besi juga memiliki keunggulan dari rak buku bahan kayu dan memiliki model yang menarik. Rak buku besi sangat cocok untuk kalian yang memiliki rumah lembab, karena rak buku dari besi tentu saja anti rayap. Rak buku dari besi juga memiliki model menyerupai rak susun. Model rak susun besi yang sering ditemukan adalah model rak besi putih dari IKEA dijual dengan harga mulai dari 450.000. Kalian juga bisa mengkombinasikan material antara besi dan kayu sebagai rak dinding.

ludicrousinlondon.com

 

8. Rak buku industrial

 

Jika kalian suka desain rak buku dengan perpaduan besi dan kayu jati, kalian bisa memilih desain rak buku industrial. Rak buku industrial dapat memberi kesan unfinished sehingga dapat menghadirkan suasana yang unik pada ruangan kalian. Kalian dapat menggunakan material kayu tanpa finishing yang mengkilat sehingga rak buku terlihat seperti bahan ekspos. Kombinasi material dari besi dan kayu dengan memiliki bentuk yang simpel merupakan ciri dari furniture bergaya industrial. Warna-warna furnitur bergaya industrial biasanya memilih warna abu-abu, coklat, custard, atau bahkan hitam sehingga terlihat kalem dan terkesan maskulin. Kalian tentu saja dapat mengaplikasikannya pada rak buku kalian. Kalian bisa mendapatkan rak buku industrial dengan harga mulai dari 1 jutaan.

shaniejb.com

 

9. Rak buku kaca aluminium

 

Tampilan ruangan yang luas dan elegan bisa didapatkan dengan mendesain rak buku berbahan kaca aluminium. Memilih rak buku bahan kaca aluminium memiliki kelebihan yaitu mudah di bersihkan. Dengan begitu buku kalian aman terjaga dari debu dan kotoran. Kalian bisa menambahkan pajangan dan hiasan di dalam rak buku kaca agar terlihat lebih estetik. Selain berfungsi sebagai rak buku, kalian juga bisa menjadikian rak buku kaca sebagai lemari hias yang bisa kalian tempatkan di area ruang tamu ataupun sudut ruangan.

sdb-international.de

Nah itulah beberapa inspirasi model rak buku minimalis yang bisa kalian terapkan di berbagai spot rumah. Kalian sudah bisa rencanakan dari sekarang model rak buku untuk buku-buku kesayangan kalian. Apapun pilihannya pastikan rencanakan dengan matang dan sesuaikan dengan kondisi ruangan. Masih bingung? Kami siap membantu, kami menyediakan beragam furniture siap pakai sampai furniture custom.

Kalian bisa kunjungi website kami di dewatamebel.com untuk melihat koleksi kami. Yuk segera hubungi kami, siap antar free ongkir.

Telepon
Whatsapp

Telepon


Bali - Gunung Agung

+62 822-1377-1377

Bali - Gunung Agung

+62 822-1377-1377

Bali - Gunung Soputan

+62 81-1388-1388

Bali - Gunung Soputan

+62 81-1388-1388

Bali - Gunung Soputan 2

+62 812-1477-1477

Bali - Gunung Soputan 2

+62 812-1477-1477

Bali - Tabanan

+62 821-4090-4090

Bali - Tabanan

+62 821-4090-4090

Bali - Singaraja

+62 821-1399-1399

Bali - Singaraja

+62 821-1399-1399

Bali - WR Supratman

+62 822-9833-9833

Bali - WR Supratman

+62 822-9833-9833

Bali - WR Supratman 2

+62 812-7027-7027

Bali - WR Supratman 2

+62 812-7027-7027